Kamis, 08 Desember 2016

logika dalam pandangan agama



ARTIKEL TENTANG hubungan logika dengan agama
NAMA                           :  CANDRA ALFIAN
PRODI                           :  EKONOMI SYARIAH III B
NIM                                :  362 115 0032
MATA KULIAH          :  ILMU MANTIQ DAN LOGIKA
DOSEN PENGAMPU :  WIRA SUGIARTO, SIP .M.PDI









A.    Pengertian Logika
            Logika berasal dari kata Yunani “logos” yang berarti ucapan, kata, akal budi, dan ilmu. Kamu tentu sudah banyak kali mendengar kata logos. Misalnya, ketika mempelajari biologi, kamu tahu kalau biologi adalah ilmu (logos) tentang makhluk hidup (bios). Atau sosiologi yakni ilmu tentang masyarakat (socius), atau zoologi, yakni ilmu tentang binatang, atau psikologi, yakni ilmu tentang jiwa (psikhe) manusia. Bahkan ilmu tentang Tuhan (teologi). Demikianlah, logos dalam pengertian ilmu atau kajian memiliki hubungan yang erat dengan salah satu aspek kajian yang menjadi objek formal dari ilmu bersangkutan sekaligus membedakan ilmu tersebut dari ilmu-ilmu lainnya.
            Logika adalah ilmu dan pengetahuan, maksudnya dengan orang berlogika maka secara tidak langsung dia akan mendapatkan ilmu di saat logikanya bekerja dan logika juga dapat dikategorikan sebagai jalan menuju kebenaran, namun ada hal yang tak dapat diterka oleh logika itu sendiri yang dapat membuatnya tak sepaham dengan keyakinan kita yakni tentang permasalah keyakinan pada Tuhan terutama Islam yang dimana Tuhannya tak dapat dilihat namun diyakini keberadaannya.

B.     Hubungan Logika Dan Ilmu Agama
 “Logika memberikan kepada kita cara berfikir yang benar dan logika juga memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, sedangkan agama memberikan cinta, harapan dan kehangatan, agama juga mebawa pada revolusi spritual.


Setidaknya ada beberapa hubungan logika dan ilmu agama yaitu :
A.             Unsur yang Baik
Hubungan logika dan ilmu agama dari segi yang baik dalam arti logika memberikan dukungan terhadap permasalahan agama, ini berkaitan dengan beberapa permasalahan diantaranya;
Ø  logika dapat berperan dalam proses pembentukan hukum ini berkaitan dengan ilmu ushul fiqh,
Ø  logika dapat membantu dalam proses perkembangan ilmu agama dalam memberikan pembaharuan dalam soal tafsir.
B.      logika dapat berperan dalam proses pembentukan hukum ini berkaitan dengan ilmu ushul fiqh.Sebagaimana yang kita ketahui logika adalah alat analisis dalam proses berpikir, lantas pertanyannya adalah apa kegunaan logika dalam ilmu agama? Logika memiliki peran yang penting dalam penarikan kesimpulan yang dilaku oleh para ahli agama dari premis-premis atau kesimpulan yang ada dalam al-qur’an yang merupakan sumber dasar dari ahli agama, contohnya; dalam al-qur’an terdapat keterangan bahwa “khomer dan anggur itu haram”. Kata “khomer dan anggur itu haram” kata ini dalam logika ini namanya kesimpulan, kalau kata “khomer dan anggur itu haram” adalah kesimpulan, lalu premis mayor dan premis minornya kata apa? Ya tetunya kita buat premis manyor dan premis minornya. Karena alasan atau asbab al-nujul di haramkan khamer dan anggur itu memabukkan, jadi premis mayornya adalah “semuah yang memabukkan itu haram” dan premis minornya adalah “khamer dan anggur itu memabukkan”.
Premis Mayor : Semuah Yang Memabukkan Itu Haram
Premis Minornya : Khamer Dan Anggur Itu Memabukkan
Kesimpulanya : Khomer Dan Anggur Itu Haram
Contoh yang lain dalam al-quran ada keterangan bahawa zinah itu haram diambil dari fiman Tuhan “jangan kamu mendekati zinah.
Premis Mayor : Segalah Sesatu yang Mendekati Zinah itu Haram
Premis Minornya : Ciuman adalah Mendekati Zinah
Kesimpulanya : jadi Ciuman itu Haram
Ini merupakan contoh yang sederhana, yang menggambarkan pentingnya logika dalam hubungannya dengan ilmu agama dan masih sangat banyat peran logika dalam menganalisa kajian keagamaan.
C.             logika dapat membantu dalam proses perkembangan ilmu agama dalam                                   memberikan pembaharuan dalam soal tafsir. Untuk dapat mempermudah hubungan logika dan ilmu agama ini, saya menggambarkan apa yang terjadi dalam prosees penafsiran terhadap teks atau alam.
Dalam dunia hermenetik moderen logika adalah salah satu alat analisi yang pentik untuk menghasilkan kevalidan sebuah data. Sebagai contoh model pemikiran yang dikemukakan oleh Charles Sander Peirce. Dalam model penafsiran yang digambarakan oleh Charles Sander Peirce ada tiga masalah yang harus dipahami terlebih dahulu; a) sebuah tanda (representaman) adalah sesuatu yang bagi seseorang mewakili sesutu yang lain dalam beberapa hal atau kapasitas, b) Sesuatu yang lain itu yang dinamakan sebagai interpretan (interpretant), c) dari tanda yang pertama pada gilisannya mengacu pada obyek (object). Sebuah tanda atau representamen memiliki relasi langsung dengan interpretan dan objeknya .
Dari penjelasan-penjelasan di atas kita dapat mengetahui kegunaan dari logika yang berhubungan dengan ilmu agama khususnya. Keterangan-keterangan di atas merupakan contoh kecil dari kegunaan logika, masih banyak contoh-contoh yang lain, seperti dalam ilmu usul fiqh, ilmu hadis, kalam dan lain sebagainya.

C.    Manfaat logika dalam agama
Manfaat mempelajari logika, agar dapat berpikir lebih nalar, kritis, tepat, runtut atau konsisten, mempelajari ilmu ini sungguh bermanfaat sekali untuk hal-hal sebagai berikut:
  1. Melatih jiwa manusia agar dapat memperhalus jiwa pikirannya.
  2.  Mendidik kekuatan akal pikiran dan mengembangkannya yang sebaik-baiknya dengan melatih dan membiasakan mengadakan penelitian-penelitian tentang cara berpikir.
  3. Studi Logika mendidik kita berpikir jernih dan kritis.
  4. Logika memungkinkan kita melaksanakan disiplin intelektual yang diperlukan dalam menyimpulkan atau menarik kesimpulan.
  5. Logika membantu kita menginterpretasikan fakta dan pendapat orang lain secara memadai.
  6. Logika melatih kita tentang teknik-teknik menetapkan asumsi dan implikasi.
  7.  Logika membantu kita mendeteksi penalaran-penalaran yang keliru dan tidak jelas.
  8. Logika memancing pemikiran-pemikiran ilmiah dan reflektif.
  9. Mengenali dan menggunakan bentuk-bentuk umum tertentu dengan cara penarikan konklusi yang benar dan menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa dijumpai.
  10. Dapat memperpanjang rangkaian penalaran itu untuk menyelesaikan problem-problem yang lebih kompleks.
  11. Daya khayal semakin tinggi sehingga menjadi lebih kreatif.
  12. Menjaga kita supaya selalu berfikir benar.
  13. Efektif dalam berfikir ataupun berargumentasi.
  14. Berfikir sistematis sesuai aturan-aturan berfikir benar.
  15. Sebagai ilmu alat dalam mempelajari ilmu apapun, termasuk filsafat.
karena yang dipelajari dalam ilmu logika hanyalah berupa aturan-aturan berfikir benar, maka tidak otomatis seseorang yang belajar logika akan menjadi orang yang selalu benar dalam berfikir. itu semua tergantung seperti apa dia menerapkan aturan-aturan berfikir itu, disiplin tidak dalam menggunakan aturan-aturan itu, sering berlatih, dan tentu saja punya tekad untuk tetap berada dalam kebenaran.
Belajar logika berarti kita belajar berpikir atau bernalar yang merupakan kegiatan akal manusia dengan mana pengetahuan yang kita terima melalui panca indera diolah dan ditujukan untuk mencapai suatu kebenaran. Dengan berpikir kita belajar menilai sesuatu sehingga dapat disimpulkan manfaat belajar logika adalah kita memanifestasikan pikiran sehingga mampu mempertimbangkan, merenungkan, menganalisis, menunjukkan alasan-alasan, membuktikan sesuatu, menggolong-golongkan, membanding-bandingkan, menarik kesimpulan, meneliti suatu jalan pikiran, mencari kausalitasnya, membahas secara relitas dan lain-lain


D.    Macam-macam Logika
            Logika dapat dibedakan atas dua macam. Meskipun demikian keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Kedua macam logika itu ialah logika kodratiah dan logika ilmiah. Logika kodratiah adalah logika yang bersumber dari akar pikiran manusia atau logika tersebut lahir dari semenjak seseorang tersebut lair dari muka bumi ini. Contohnya Hermansah dan Irfan bersama dalam satu ruangan yang sama, si Hermansah menonton dan si Irfan tidur, nah kita dapat membedakan bahwa kedua perlakuan tersebut tidak sama walaupun mereka berdua berada dalam satu ruangan yang sama. Sedangkan logika ilmiah adalah sebuah logika yang kompleks dimana logika itu dipergunakan dengan sangat teliti dan pada akhirnya akan mendatangkan keputusan yang final dari berbagai seleksi pemikiran yang ada. Contohnya logika ilmiah adalah kenapa sering kali kita membunuh nyamuk dengan tanpa alasan yang sangat jelas atau tak masuk akal bila kita memikirkannya secara mendalam, misalnya si Hermansah membunuh nyamuk dengan memakai raket listrik terus ditanya oleh si Irfan tentang alasannya megapa dia membunuh nyamuk itu, Hermansah pun menjawab dengan alasan karena nyamuk itu suaranya sangat ribut dan membuat tidur saya tergangggu. Beberapa saat kemudian pun Irfan membalas ucapan itu dengan berkata bukankah nyamuk diciptakan oleh ALLAH SWT. Dengan bentuk dan takdir demikian, jadi apabila kamu membunuhnya hanya dengan alasan dia diciptakan dengan mempunyai suara demikian brarti anda telah memungkiri takdir yang Tuhan telah berikan terhadapnya. Itu hanyalah sebagian kecil contoh dari berlogika ilmiah.




E.     Model logika dalam agama
1. Logika formil aristoteles, yang dikenal dengan nama “sylogisme”
2. Logika deduktif yaitu bertolak dari asumsi umum(teori) menuju kepembuktian secara khusus (fakta emperis).
3. Logika induktif yaitu berdasarkan fenomena khusus(fakta emperis), menuju kekesimpulan secara umum (teori yang berlaku umum)
4. Logika probabilistik yaitu pola pikir yang menghasilkan proposisi-proposisi dalam pernyataan- pernyataan kebenaran relatif, artinya dalam pernyataan tersebut memberi peluang atas kemungkinan benar dan kemungkinan salah
5. Logika reflektif yaitu kombinasi logika deduktif dan induktif dengan jalan mondar-mandir dari kutup deduksi kekutup induksi sampai memperoleh kesimpulan yang memuaskan.

1 komentar:

  1. Lucky Club: Live Casino, Gambling Site - Lucky Club Live
    Our exciting online casino is home to more than 400 of the best games, and we've got a huge variety 카지노사이트luckclub of slots to choose from. Enjoy our

    BalasHapus